RSS

1st catetan.

09 Mar

Tulisan pertamaku kali ini akan memperkenalkan sebuah hal tentang robotika. Apa itu robotika? Apa itu robot? KRI, KRCI? Semua ada disini. Moga2 aja dapet ngebantu semua yang memerlukan.

2 the point bae: Robotika itu sesuatu yang mempelajari robot ato dapat dikataken ilmu mengenai segala hal tentang robot. Tapi Robot itu apa ya?? Wah tak jamin semua pembaca pasti dah tahu!! Ya kan??

Robot di Indonesia lamayan sudah berkembang. Kalo di luar negri dah dibuat mainan buat anak-anak kecil, di Indonesia malah baru buat anak2 yang mahasiswa doang. Banyak manfaat dari robot2 yang tidak kita sadari manfaatnya secara langsung. Kalo para orang yang pinter dan dikatain profesor2 suatu negara akan kuat kalo robot dan otomatisasi dah berkembang amt pesat negara tidak memberdayakan manusia untuk tugas2 yang amat berat. Manusia tidak bekerja untuk tugas2 yang kasar. Bahkan tenaga robot dapat diberdayakan sampai nilai berkali lipat dari tenaga manusia biasa.

Itu keuntungan buat para negara maju, tapi apakah menguntungkan bagi bangsa Indonesia? Yap semua tergantung dari siapa yang bicara, Kalo yang bicara para tenaga kasar di sebuah pabrik , maka kemungkinan besar akan menolak. Mereka tak rela kalo tenaga mereka digantikan oleh para robot mesin. Alias takut diPHK. Kalo yang lain pasti bisa ditebak ada yang dukung ada yang tidak. Semua tergantung siapa yang bicara.

Kalo aku sih sebagai mahasiswa yang konsentrasi di bidang ini cuman mo bilang bahwa manfaat robot tu buanyak banget. Kalo Indonesia dibantu para robot yang cukup cerdas saja maka bisa2 akan maju ato malah para pekerjanya tersingkir. Tapi itu cuman pendapat. Yang penting kalo dapat ilmu kutulari aja ya ke semua.

Di dalam robot terdapat banyak macam aspek ilmu yang digunakan, ada elektronika, kontrol, instrumentasi, matematik, fisika, mekatronika bahkan ampe biologo dan psikologi untuk membuat robot yang bisa dikatakan humanoid .

Di kalangan mahasiswa setiap tahun terdapat banyak kompetisi tentang lomba robot. Diantaranya diadakan oleh DIKTI, ataupun oleh beberapa institusi pendidikan tinggi terkemuka dan swasta. Ada Kontes Robot Cerdas Indonesia, Kontes Robot Indonesia, Robot Line Follower dan lain-lain. Pokoke dunia tentang robot dah didukung oleh institusi pendidikan tinggi di Indonesia lah.

Macam robot buanyak banget, menyesuaikan dengan manfaat yang dikehendaki. Diantaranya adalah:

  • Mobile Robot, robot yang bisa berjalan meski konsepnya masih sederhana.

  • BEAM Robot, apa ini? Artinya(Biology, Electrnics, Aesthetics and Mechanics) Robot. Konsep utamnya desain robot ini meniru lam sekitar. Jadi bentuknya bisa seperti serangga, mamalia, manusia ataupun lain2.

  • HEXAPOD ROBOT, nah kalo ini robot yang kakinya cuman enam, entah bentuknya serangga atau bentuk2 lainnya.

  • HUMANOID ROBOT, nah ini robot yang digembor2kan orang Jepang. Robot yang meniru manusia ini diusahakan untuk menjadi robot yang benar2 mirip dengan manusia dari sikap sampai bentuk fisiknya.

  • WALKER ROBOT, nah ini artinya robot pejalan umumnya konstruksinya pake kaki.

  • Danlain-lain

 

Masih banyak jenis-jenis robot yang dirancang oleh manusia khususnya di negara –negara maju. Konstruksinyapun ada yang sederhana sampai konstruksi yang rumit sekalipun. Di dunia industri robot bermanfaat untuk membantu manusia. Untuk efisiensi kerja manusia.

    ronots

     
    Tinggalkan komentar

    Ditulis oleh pada Maret 9, 2008 in Uncategorized

     

    Tag:

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

     
    %d blogger menyukai ini: